Kopi bukan hanya sebagai teman begadang

Anda suka kopi? Kopi memang digemari banyak orang. Di Indonesia, hampir semua kalangan menyukai minuman berwarna hitam pekat ini, alasannya karena enak dan juga sangat mudah ditemukan, mulai dari warung pinggir jalan sampai di kafe mewah. Berdasarkan data dari Indonesia Coffee Festival (ICF) kini Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai produsen kopi terbesar di dunia dan peringkat pertama masih di pegang Brazil.

Kopi tidak hanya sebagi teman begadang, karena minuman ini membuat mata tetap terjaga meski sudah waktunya tidur. Kopi merupakan minuman yang punya khasiat bermanfaat buat kesehatan.  Banyak manfaat lain dari kopi yaitu sebagai berikut.

1.    Menyerap bau tidak sedap

Bubuk kopi punya kemampuan luar biasa untuk menyerap dan menetralkan udara kotor yang berbau tidak sedap. Hal ini bisa diterapkan untuk mengamnakan kulkas dari bau-bau yang tidak diinginkan.

2.    Nutrisi otak

Bukan Cuma menjaga agar mata tidak mengantuk, kafein di dalam kopi juga bisa menjaga fungi otak tetap terjaga. Menurut sebuah penelitian di Unibersity of North Dakota School of Medicine and Health Science, konsumsi kopi secara teratur dalam takaran wajar bahkan bisa mencegah kelebihan kolesterol dan juga penyakit pikun khususnya Alzheimer.cofee

3.    Pereda stress

Menghirup aroma kopi saja sudah cukup untuk memberikan efek relaksasi, sehingga bisa untuk meredakan stres. Sebuah penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa salah satu bebauan yang punya efek relaksasi adalah bau biji kopi.

4.    Melembutkan kulit

Selain diminum, kopi juga bisa dimanfaatkan dengan cara lain misalnya seperti yang dilakukan di The Spa at Mohonk Mountain in New Paltz, New York. Di tempat ini, kopi dipakai untuk luluran dan efeknya adalah melembutkan sekaligus menyegarkan kulit.

5.    Pendongkrak stamina

Efek kafein adalah memacu kerja jantung, meningkatkan suplai darah ke otot meningkat sehingga tidak cepat kehabisan tenaga. Karena lebih alami, kopi bisa menjadi alternatif minuman berenergi yang tidak banyak mengandung bahan-bahan kimia buatan yang kadang lebih banyak risikonya daripada manfaatnya.

6.    Pencegah kanker

Kandungan berbagai senyawa fitokimia dalam bentuk serbuk kopi banyak yang bersifat antioksidan dan bisa melawan senyawa radikal bebas penyebab kanker. Karena itu menurut penelitian, penggemar kopi meiliki risiko lebih rendah untuk terkena berbagai jenis kanker. Sebuah penelitian di Harvard University misalnya, membuktikan bahwa mwminum kopi secra teratur bisa mengurangi risiko kanker endometrium pada perempuan dan kanker prostat pada laki-laki.

Tapi tetap saja semua hal yang di konsumsi berlebihan itu tidak baik. Jadi, konsumsilah kopi sesuai kebutuhan dan sewajarnya saja. (Ani/barbagai sumber).

 

Tinggalkan komentar